Rabu, 08 Februari 2012

Perkembangan Teknologi Hardisk


Untuk menyimpan data, diperlukan suatu media khusus yang memiliki kapasitas besar. Hal ini telah terpikirkan sejak ratusan tahun yang lalu sehingga para ahli mulai menciptakan media penyimpanan data yang baik. Penyimpanan data tertua yang diketahui adalah Punched Card pada tahun 1725, diciptakan oleh  Basile Bouchon. Punched card ini merupakan penyimpanan data dengan pola tenun kain dengan cara melubangi gulungan kertas.




Seiring berjalannya waktu, penyimpanan data ini semakin berkembang dan menjadi lebih spesifik. Penyimpanan data saat ini dikenal dengan sebutan Hardisk. Hardisk (dalam bahasa Indonesia berarti cakram keras) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetic.
Hardisk pertama kali dibuat pada perusahaan raksasa yang menjadi standar komputer yaitu IBM oleh Insinyur Reynold Johnson tahun 1956. Pada tanggal 13 September 1956, IBM meluncurkan computer model terbaru yaitu IBM 305 RAMAC, dengan disertai hardisk pertama didunia dengan kapasitas luar biasa yaitu 4,4 MB. Hardisk pertama ini terdiri dari 50 piringan ukuran 2 kaki  (0,6 meter) dengan kecepatan rotasi 1200rpm.


Pada tahun-tahun berikutnya, teknologi hardisk makin dikenal dan makin banyak berubah. Muncul perusahaan-perusahaan lain selain IBM yang menciptakan hardisk yaitu Seagate, Quantum, Conner dan Hewlet Packard’s di tahun 1992. Sejak tahun 1989 sampai dengan tahun 2006, perkembangan teknologi penyimpanan data berjalan cepat mulai dari ukuran nya yang makin kecil hingga kapasitasnya yang makin besar.


Gambar  1. Evolusi Teknologi Hardisk menurut IBM

Sebelum Hardisk stata (Hardisk terbaru), ada beberapa generasi hardisk yang berkembang dan melalui tahap-tahap pembaruan untuk menciptakan teknologi hardisk yang lebih baik, yaitu:
·         ST-506 (Device Level)
·         IDM (Intellegent Drive Electronics) oleh Maxtor Corp
·         ESDI (Enhanced Small Device Interface )
·         SCSI (Small Computer System Interface )
·         SCSI-2 (kapasitas lebih besar dan kecepatan lebih tinggi)

Berbeda dengan jaman sekarang ini, hardisk dapat kita peroleh dengan ukuran berapapun dan lebih muda dibawa. kapasitasnya pun sangat besar hingga mencapai Tera Byte. hardisk telah mengalami masa evolusi yang sangat banyak mulai dari teknik menenun hingga saat ini pada tekhnik modern.






Referensi:

2 komentar: